Inilah Beberapa Ciri Aliran Sesat

ciri aliran sesat
Inilah Beberapa Ciri Aliran Sesat Vs-satanisme. Beberapa tahun terakhir di negara ini marak dengan apa yang dinamakan dengan aliran ( Islam ) sesat, dengan berbagai rupa dan bentuk. Mulai dari aliran/ kelompok yang kelihatan sangat intelek dan terlalu sangat mendewakan akal / logika, sampai dengan aliran atau kelompok yang ajarannya benar-benar tidak masuk akal. Tidak perlu disebutkan satu persatu karena keberadaan aliran tersebut sudah menjadi rahasia umum. 

Fenomena ini sebenarnya bukanlah hal yang baru, karena kurang lebih 1400 tahun yang lalu nabi Muhammad SAW telah mengabarkan fenomena dan kejadian seperti ini. Secara ringkas beliau telah mengabarkan bahwa pada suatu masa umat Islam akan berpecah belah menjadi 73 golongan. Dan masing-masing golongan mengklaim bahwa golongannyalah yang benar. Sedangkan yang benar-benar “ lurus dan benar “ hanyalah ada satu. ( Susunan redaksi penulis, untuk redaksi hadist yang lengkap dapat dilihat pada hadist sahih ). 


Sedang di satu sisi, nabi SAW juga berpesan bahwa umat Islam tidak akan pernah sesat selamanya jika berpegang pada 2 buah tali yang lurus dan kokoh. Al Qur’an dan hadist nabi. Islam memang melarang umatnya untuk menghukumi bahwa seseorang / kelompok itu sesat ( kafir ) secara semena-mena kecuali memang ada bukti yang benar-benar terang dan nyata. Namun dengan maraknya aliran-ajaran sesat tersebut mendekati akhir jaman ini, tidak ada salahnya jika kita tahu ciri-ciri ajaran / aliran yang bisa dianggap sesat tersebut. Harapannya tentu saja agar kita atau keluarga kita tidak mudah tergelincir di dalamnya. 

Ada beberapa ciri utama sebuah aliran atau ajaran bisa dianggap sesat, diantaranya adalah : 

1. Mengingkari kebenaran Al Quran. 
Jika sebuah aliran atau ajaran telah mengingkari Al Qur’an, sebagian atau bahkan keseluruhan maka boleh dipastikan bahwa aliran / ajaran tersebut adalah sesat, karena sudah pasti bahwa satu-satunya pedoman yang paling benar bagi umat Islam adalah Al Qur’an. 

2. Menafsirkan Al Quran semau maunya
Ayat Al Qur’an yang jelas tidak perlu ditafsirkan lagi. Ada pun Ayat Al Qur’an yang kurang jelas ditafsirkan dengan memakai ayat Al Qur’an lain yang berkaitan. Jika tak ada dengan hadits Nabi yang sahih. Namun dengan dalih bahwa Al Quran tidak lagi relevan, tidak lagi sesuai tuntutan jaman atau beberapa alasan lain yang dibuat ilmiah atau modern, ada beberapa aliran atau ajaran yang berusaha menafsirkan Al Qur’an sekehendaknya. Aliran / ajaran seperti ini umumnya menafsirkan Al Qur’an semaunya untuk menimbulkan perpecahan ( sebagian besar mempunyai agenda tersembunyi ). 

3. Mengingkari Hadist nabi
Kelompok ini termasuk kelompok Ingkar Hadits/Sunnah. Padahal jelas dari wasiat nabi, bahwa tali yang kuat dan kokoh agar tidak sesat adalah Al Qur’an dan hadis nabi. 

4. Mengakui adanya nabi lain setelah nabi Muhammad SAW 
Banyak aliran sesat yang mengaku pimpinannya sebagai Nabi/Rasul setelah Muhammad SAW. Ini bertentangan dengan Al Qur’an dan Hadits. Padahal bagi umat Islam telah jelas bahwa Nabi Muhammad adalah nabi penutup para nabi dan tidak akan pernah ada nabi lagi sesudahnya. Orang / kelompok yang mengaku sebagai nabi setelah nabi Muhammad SAW, hakikatnya dalah nabi palsu. Dan itu jelas kesesatannya. 

5. Memisahkan diri dari jamaah Islam
Ada beberapa kelompok sesat menganggap seluruh ummat Islam di luar kelompok mereka adalah sesat / bid’ah. Sebagai contoh hal ini adalah kelompok Khawarij ( timbul pada masa setelah nabi wafat ) yang jumlahnya selalu minoritas. Padahal Islam mengajarkan bahwa sesama Islam adalah saudara. Itu adalah beberapa ciri utama sebuah aliran / ajaran bisa dianggap sesat. Namun demikian apa yang berkembang di masyarakat sekarang ini begitu hebatnya. Berbagai bentuk dan variasi dikembangkan sampai pada bentuk ajaran yang paling halus. Sehingga umat Islam perlu sangat hati-hati dalam hal ini. 

Ada baiknya kita mempelajari dan menambah pengetahuan agar jangan sampai terjerumus pada aliran sesat ( Belum lagi adanya aliran satanisme yang makin hari makin giat dalam merekrut anggota baru ). Dan karena artikel ini bersifat terbuka, anda mungkin bisa menambahkan yang lainnya.




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Misteri - Mutasyabihaat dengan judul Inilah Beberapa Ciri Aliran Sesat. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : vs-satanisme
Ditulis oleh: Unknown -

Belum ada komentar untuk "Inilah Beberapa Ciri Aliran Sesat"

Post a Comment