Gambaran Tentang Sosok Dajjal

Gambaran Tentang Sosok Dajjal
Vs-satanisme. Sebagaimana telah diuraikan dalam Menelaah Hakekat Dajjal, bahwa berdasarkan hadist-hadist, sosok Dajjal dapat terwakili sebagai seorang personal atau dapat pula sebagai suatu golongan atau bangsa. Sebagai seorang personal, banyak hadist yang telah memberikan Gambaran Tentang Sosok Dajjal. 

Mari kita mulai dengan Hadits yang umum, diriwayatkan oleh Imam Bukhari : 

"Dan aku melihat orang yang berambut ikal pendek, yang mata-kanannya buta Aku bertanya: Siapakah ini? Lalu dijawab, bahwa ia adalah Masihid - Dajjal"

"Awas! dia pecak (buta sebelah)… dan diantara dua matanya, tertulis 'Kafir'…" 

Ciri utama yang menonjol dalam penggambaran dajjal adalah buta mata kanannya dan pada dahinya tertulis kaf, fa'dan ra' atau kaflr. 


Dengan tidak menafikkan bahwa itu memang ciri fisik dari Dajjal, hadist ini menggambarkan juga keadaan rohani Dajjal yang sebenarnya. Dajjal digambarkan buta mata kanannya, sedangkan mata-kiri Dajjal digambarkan bersinar gemerlapan bagaikan bintang. Dengan perkataan lain, mata-kanan Dajjal digambarkan hilang cahayanya, tetapi mata-kirinya bersinar terang. 

 "Diriwayatkan bahwa mata-kanan Dajjal hilang penglihatannya, sedangkan nabi 'Isa mata-kiri beliaulah yang hilang penglihatannya; dan ini berarti bahwa Dajjal tak mempuyai sifat-sifat akhlak tinggi, seperti misalnya kearifan, kebijaksanaan dan rendah hati; sedangkan nabi 'Isa tak mempunyai kejahilan, keserakahan, kerakusan dan sebagainya yang termasuk jenis akhlak yang rendah". 

Jadi jika secara harfiah fisik Dajjal buta mata-kanannya, sedangkan secara makna tersirat, kalam ibarat, dapat diartikan bahwa Dajjal tak mempunyai akhlak yang baik. Bahwa dua mata manusia itu, yang satu digunakan untuk melihat hal-hal yang berhubungan dengan kerohanian dan agama, dan yang satu lagi digunakan untuk melihat hal-hal yang berhubungan dengan kebendaan dan keduniaan. 

Oleh karena hal-hal yang berhubungan dengan agama dan kerohanian itu lebih tinggi kedudukannya daripada hal-hal yang berhubungan dengan kebendaan dan keduniaan, maka buta mata kanan Dajjal berarti bahwa Dajjal sedikit sekali perhatiannya terhadap hal-hal yang berhubungan dengan agama atau kerohanian. Inilah yang dimaksud dengan bahwa mata-kiri Dajjal bersinar gemerlapan bagaikan bintang. 

Artinya, Dajjal mampu melihat segala macam barang-barang duniawi, yang bangsa-bangsa lain tak mempunyai pengertian tentang itu. Tetapi mata rohani Dajjal tak mempunyai penglihatan yang tajam, karena semua kekuatan Dajjal dihabiskan guna kepentingan urusan duniawi. Sukses Dajjal yang tak ada taranya dalam urusan duniawi mengakibatkan buta sebelah. 

Riwayat lainnya menjelaskan dengan redaksi dan caranya sendiri, yaitu, bahwa mata-kanan Dajjal tak mempunyai kekuatan untuk melihat ayat Tuhan. Tanda Dajjal yang lain, tulisan huruf kafara atau kafir pada dahinya yang dapat dibaca oleh tiap-tiap orang mukmin, baik ia mengerti tulis-menulis atau buta huruf. 

Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa itu bukan merupakan tanda fisik dajjal. 
Namun kenyataannya, saat ini ternyata sudah muncul seperti yang demikian halnya. Yaitu bangsa Israel telah membentuk suatu pasukan khusus, pasukan elit yang disebut brigade KFIR ( karena huruf Yahudi tidak mengenal huruf vocal maka penulisannya menjadi K.F. R atau Ka Fa Ra ). Dan tanda tulisan ini memang nyata-nyata tertulis jelas pada dahi mereka ( pada topi atau baret yang dikenakannya ). 

Dan penafsiran secara keadaan rohani. ini berarti pula bahwa kekafiran itu merupakan kenyataan yang senyata-nyatanya bagi dia. Pernyataan bahwa tulisan itu hanya dapat dibaca oleh orang mukmin saja, ini berarti, bahwa orang kafir tak pernah sadar akan kekafirannya, sehingga membutuhkan mata orang mukmin untuk membaca buruknya kekafiran mereka. 

Kemudian ciri-ciri fisik dan sosok Dajjal lainnya yang disebutkan adalah :

 “Dia adalah seorang pemuda yang sangat keriting rambutnya, hilang cahaya matanya, seakan-akan aku menyerupakannya dengan Abdul ‘Uzza bin Qathan.” 

Dalam riwayat lain: 

Nanti akan ada pendusta yang menyesatkan, rambut di belakangnya hubukun (keriting seperti terjalin/dipintal) [beliau ucapkan tiga kali]. Dia akan berkata: ‘Aku adalah Rabb kalian’. Barangsiapa yang berkata: ‘Engkau bukan Rabb kami. Rabb kami adalah Allah, kepada-Nyalah kami bertawakal dan kepada-Nyalah kami kembali. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatanmu’, niscaya Dajjal tak mampu mengalahkannya.” 

Dan masih banyak lagi hadist yang meriwayatkan tentangnya. Namun jika dari sekian banyak hadist diringkas akan dapat menjelaskan gambaran sosok dajjal sebagai berikut : 

- merupakan bani adam / manusia ( bukan Jin
- termasuk sebagai mahluk “MinalMunzharin” yaitu yang ditangguhkan sebagaimana Iblis 
- buta sebelah matanya
- beberapa riwayat menyatakan bahwa ia adalah keturunan Yahudi 
- berpenampilan sebagai laki-laki muda ( meski sebenarnya sudah berumur ) 
- Berkulit merah 
- Berbadan besar 
- Keriting dan tebal rambutnya 
- Dahinya dan Lehernya lebar 
- Tidak berketurunan Wallahualam


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Dajjal dengan judul Gambaran Tentang Sosok Dajjal. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : vs-satanisme
Ditulis oleh: Unknown -

Belum ada komentar untuk "Gambaran Tentang Sosok Dajjal"

Post a Comment